Rabu, 09 November 2011

Cleopatra antara cinta dan kekuasaan

Apa yang ada dibenak anda saat mendengar Cleopatra?..hmm..saya yakin pikiran anda rata-rata akan membayangkan rambutnya yang berponi khas,wajahnya yang cantik,mandinya yang konon selalu menggunakan susu dan ratu mesir.. itu semua tidaklah salah!(tambahkan kata Julius Caesar supaya lebih afdolnya..).
            Tapi tahukah anda bahwa Cleopatra itu bukanlah nama melainkan jabatan ratu mesir kuno bagi bangsa mesir pada rentang abad 120 SM hingga 15 SM? Sama saja seperti nama Firaun atau Pharaoh bagi raja-raja mesir dahulu?(saya saja baru tahu setelah beberapa waktu lalu membaca-baca artikel tentang Cleopatra di beberapa situs..hehe..).nama aslinya adalah Philopator VII putri dari raja Ptolomeus XII.
            Apakah anda juga tahu bahwa Cleopatra philopator VII bukanlah suku bangsa mesir asli(alias bukan orang mesir)melainkan keturunan bangsa yunani?dan kemungkinan besar salah satu keturunan Alexander agung alias the great Alexander.??
            Dan tahukan anda bahwa Cleopatra selain kecantikannya yang menonjol juga adalah wanita sangat ambisius dan rela menghalalkan berbagai cara demi kekuasaan?jika anda baru mengetahui hal itu mari siapkan segelas kopi dan membacanya ini dengan sedikit rileks..karena kita akan belajar sedikit mengenai salah satu sifat dasar manusia yang telah menjadi darah ditubuh kita yaitu serakah..!(..nah lho?! Apa urusannya..??)
            Cleopatra telah di didik oleh sang ayah,raja ptolomeus XII agar selalu memposisikan dirinya didalam lingkar kekuasaan.(Cleopatra mempunyai 2 kakak dan 3 adik).mereka semua di ajari untuk bagaimana mengolah kekuasaan dan memanfaatkannya.”siapapun yang tidak berada di pihakmu berarti adalah musuhmu!”itu kata-kata ptolomeus XII yang terkenal,dan jangan heran 2 orang saudara cleopatra mati sebelum berusia 23 tahun akibat perebutan kekuasaan antara mereka sendiri.bahkan demi menjaga kelanggengan kekuasaan ,Cleopatra menikah dengan adiknya sendiri Ptolomeus XIII yang masih berusia 13tahun demi menaikkan posisinya sebagai ratu!
            Ayahnya sndiri di kudeta oleh sang istri,ibu dari Cleopatra dibantu oleh kakak perempuan tertua nya yang bersekongkol dengan raja suriah!!(saya tidak dapat membayangkan jenis keluarga apakah ini??).kudeta ini gagal lalu sang ayah pun menghukum mati istri dan anak perempuannya sendiri.
            Semua hanya dikarenakan ketamakan akan kekuasaan!!
            dan anda juga tidak perlu heran kalau akhirnya Cleopatra dan adiknya merangkap suaminya inipun akhirnya juga saling serang yang mengakibatkan Cleopatra mesti melaikan diri ke syprus dan merelakan kerajaan mesirnya mutlak berada ditangan sang adk Ptolomeus XII.
            Kerajaan mesir bertahan hingga pada tahun 48 SM pasukan kerajaan romawi menyerang mesir dan menduduki ibukotanya Alexandria.ptolomeus XIII menjadi tawanan pasukan romawi.ketika Julius Caesar tiba di mesir,Cleopatra memutuskan untuk menemuinya karena melihat ada peluang mendapatkan kembali singgasana kerajaan mesir.
            Konon menurut cerita Julius Caesar langsung terpesona oleh kecantikan Cleopatra waktu menemuinya di mesir.julius Caesar yang berumur 50 tahun tinggal bersama Cleopatra yang berusia 20 tahun di Alexandria selama setahun sebelum kembali ke roma.mereka mempunyai anak lelaki yang di beri nama Caesarion atau berarti kaisar kecil.sepeninggal Julius caesar otomatis Cleopatra pu kembali menguasai kerajaan mesir tapi itu belumlah cukup bagi Cleopatra!
            Sebenarnya cerita Cleopatra tidak harus berakhir tragis andai dia tidak serakah dengan mengirimkan utusan ke roma dan memberitahukan kepada seluruh rakyat roma bahwa dia Cleopatra dan anaknya caesarion adalah pewaris sah dari seluruh kekaisaran romawi.ini seperti membangunkan macan yang sedang tidur karena disatu sisi Julius Caesar sudah memiliki putra mahkota yaitu Octavian.
            Cleopatra dikatakan begitu bernafsu dapat melangkah memasuki gerbang istana roma dan mensejajarkan dirinya dengan moyangnya Alexander agung yang dapat menguasai 3 benua.impiannya adalah menyatukan dua kerajaan di timur dan barat.saya dapat katakan inilah keserakahan karena kalau saja dia merasa bahwa kerajaan mesir sudah cukup toh untuk apalagi memiliki roma yang notabene akan menolak mentah-mentah keinginannya.
            Tentu saja keinginan Cleopatra mendapat respon negative dari senat dan sebagian besar keluarga kaisar.hingga menimbulkan intrik politik di istana yang mengakibatkan Julius Caesar dibunuh oleh brutus,keponakannya yang menentang kehadiran Cleopatra dan putranya pada tahun 44SM.tapi itu belum dapat mengurungkan ambisinya untuk menguasai romawi.
            Setahun setelah kematian Julius Caesar,Cleopatra datang menemui mark Anthony,salah seorang pemimpin romawi pengganti Julius Caesar untuk merundingkan hak waris dari caesarion.alih alih berunding mereka berdua malah jatuh cinta dan memiliki 4 orang anak.dengan menikahi mark Anthony maka otomatis Cleopatra kembali memiliki kekuatan penting di mata romawi.
            Octavian mencium gelagat buruk atas pernikahan itu.dengan kekuasaan yang diberikan oleh Julius Caesar dulu,ia meyakinkan  para senat untuk mengirimkan pasukan ke mesir.hal ini mengakibatkan mark Anthony geram dan menyatakan akan melawan dengan pasukan nya yang ada di mesir.
            Pertempuran tak dapat di hindari.dalam pertempuran yang dipimpin langsung oleh Octavian,pasukan romawi meluluh lantakan pasukan mesir yang mengakibatkan Mark Anthony terbunuh.
Cleopatra yang mendengar kabar tersebut langsung memutuskan untuk bunuh diri.dengan membiarkan dirinya dipatuk oleh ular kobra hitam afrika.( ada beberapa hal yang dipertanyakan oleh para sejarahwan tentang penyebab mengapa Cleopatra memutuskan untuk bunuh diri.padahal di beberapa literature roma kuno disebutkan tentang pengampunan yang diberikan oleh Octavian kepada dirinya).
Tragis ya..tapi itulah Cleopatra..ada cinta dan kekuasaan di sepanjang hidupnya..sesuatu yang terkadang tidak dapat disatukan..tapi abadi dalam senandung drama sepanjang masa kan?..hehehe..
Ok dech dah ngantuk nich..thanks sudah ikut membaca artikel saya ini..mudah-mudahan berguna buat nambah-nambah bahan referensi anda semua..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards