Rabu, 02 November 2011

VAMPIRE,TWILIGHT DAN DOLAR

Siapa yang tidak tahu vampire? Mahkluk yang digambarkan jahat,suka memakai jas panjang dan doyan dengan  darah manusia..itu bayangan yang ada dibenak kita ketika pertama kali mendengarnya..tapi jika anda masih tetap berpikiran seperti itu mungkin anda perlu mengevaluasinya kembali.
            Vampire atau drakula dikenal sebagai cerita rakyat bahkan mitos yang awalnya terkenal di daratan eropa,terutama eropa timur.menjadi topic hangat pembicaraan di awal abad ke 19 ketika bram stoker menerbitkan novelnya yang terkenal”Dracula”.bram stoker sendiri konon terinspirasi oleh legenda dari eropa timur(ceko saya pikir) yang mengisahkan tentang bangsawan eropa bernama count Dracula.alkisah pada saat itu ketika masa perang salib mengharuskan count Dracula untuk pergi bertempur di Negara antah berantah hingga harus meninggalkan istri yang amat dicintainya(saya duga jazirah arab karena perang salib tejadi disana untuk memperebutkan kingdom of heaven,yerusalem dan konstantinopel),ketika perang  usai,count Dracula kembali ke kastilnya dan menghadapi kenyataan yang teramat kejam.istrinya telah tewas bunuh diri saat mendengar kabar suaminya yang pergi bertempur mati dimedan perang(tragis juga..).dracula yang tidak terima kenyataan ini menyalahkan Tuhan,”..aku pergi bertahun-tahun,menerjang ribuan panah dan tebasan pedang demi Engkau Tuhan tapi kenapa Engkau membalasnya seperti ini??!!”ratapnya.singkat cerita Dracula berbalik memuja setan dan menjadi abdinya.sebagai imbalannya Dracula memperoleh hidup abadi,dapat merubah wujudnya sebagai apapun tapi tidak dapat melihat sinar mentari dan juga harus meminum darah segar untuk memuaskan laparnya.
            Novel bram stoker laris manis saat itu bahkan selalu di bahas dalam seminar dari London hingga paris.dipublikasikan lebih ke 100 negara hingga saat ini.hollywood pun sudah beberapa kali meremark filmnya.puluhan juta hingga ratusan juta dolar sudah diraup hasil dari yang berbau embel-embel vampire atau Dracula.bahkan komunitasnya dapat anda temui dengan mudah di Facebook atau Twitter.ratusan bahkan ribuan bisnis bergerak di jenis ini,dari merchandise,fashion dan lain-lain.
            Tapi era vampire berjas panjang,berwajah seram dengan tetesan darah diujung bibir sudah mulai bergeser.pangsa pasarnya sudah mulai surut.ceruk bisnisnya sudah mulai menyempit.tidak percaya?
            Lihat saja TWILIGHT!
            Kalau anda belum pernah menontonnya atau mendengarnya ada baiknya kurangi jam sinetron anda(..kali aja waktunya tersedot disinetron yang beratus-ratus episode!).di trilogy TWILIGHT  anda akan disuguhi konsep baru tentang vampire.tidak lagi baku dengan atribut vampire jaman dulu,yang ini modis banget bahkan berkesan harajuku(lihat saja model rambutnya atau gaya berpakaiannya,bahkan untuk episode keduanya branded fashion bermerek ternama louis vuitton turut mensupport kostum dan asesoris pemain-pemainnya..WOW...!),sekarang vampire-vampire ini tampil brand new day! Difilm ini orang yang menontonnya terutama kawula muda dijamin akan termehek-mehek dengan alur ceritanya yang jauh dari horror.
            Twilight mengangkat alur romantisme khas Shakespeare dibalut wajah-wajah yang kiyut dan rupawan.
            Twilight menjual konteks,bukan konten!( jadi inget ungkapan hermawan kartajaya nich..}
            Di pemutaran perdananya di amerika serikat dan kanada twilight meraup 85juta dolar! Sedangkan total pembuatannya filmnya sekuel pertamanya Cuma menghabiskan bujet dibawah 10juta..!(itu belum dihitung hasil pemutarannya di eropa atau asia).
            Twilight bukan sekedar kisah cinta antara bella dan Edward,bukan sekedar pertarungan berdarah-darah antara yang jahat dan yang baik.lalu apa yang membuatnya sehingga menjadi film yang box office??
            Twilight tidak didukung oleh actor atau aktris grade A Hollywood.
            Twilight  tidak dipenuhi adegan erotis atau laga bombastis( yang ada malah pesan mengenai safe sex by virginitas atau pemandangan bak picaso landscape yang luar biasa).
            Twilight menyebar bagai wabah di facebook dan twitter,menyebabkan anak-anak muda di dunia bermimpi menjadi keluarga cullen atau wanitanya berharap mempunyai pasangan se cool Edward..so tweet..
            Apapun yang berbau twilight laris manis diburu pemujanya.
            Twilight meramu racikan cinta romeo dan Juliet,gaya anak muda amerika sekarang,kepedulian akan kebersamaan manusia(film ini juga mengingatkan kembali tentang suku Indian yang masih tersudut di wilayah konvensi),dan ide cerita yang kuat dari si pengarang buku Twilight.
Twilight menghasilkan pundi-pundi dolar yang tak terkira.
            Jadi lihatlah bagaimana dunia vampire berevolusi
Tidak horror dalam cerita tapi mengerikan ketika mesin uangnya bekerja
Yups mudah-mudahan tidak bete dengan artikel saya ini ya..abis jenuh bentar-bentar ujan mulu..hehehe..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards