Selasa, 01 November 2011

BLUE OCEAN STRATEGY ARTIKEL

BLUE OCEAN STRATEGY

            Mungkin bagi anda yang biasa buku-buku manajemen atau artikel-artikel terkini di media masa pasti sudah mengenal tentang BLUE OCEAN STRATEGY..tapi bagi anda yang belum pernah mendengar TENTANG BLUE OCEAN STRATEGY pasti terbengong-bengong sambil berfikir ini tentang trik memancing ikan kali ya ..?? (-judulnya aja BLUE OCEAN STRATEGY..hehe..).
            Binatang apa pula BLUE OCEAN STRATEGY?
            Sebenarnya  BLUE OCEAN STRATEGY adalah strategy bisnis yang digagas oleh professor asal korea bernama Chan Kim dan partnernya asal perancis Renee Mourgbone pada sekitar tahun 2004an..BLUE OCEAN STRATEGY memfokuskan pada strategi-strategi marketing yang kian dinamis dan kompetitif.(dan sudah di implikasikan oleh perusahaan-perusahaan dunia seperti Yamaha,Apple,Honda,Singapore Airlines).
            Wah wajar saja bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan seperti itu,wong levelnya beda,begitu mungkin pikir anda..eeiit tahan dulu..blue ocean strategy ternyata juga menarik dan dapat di praktekan pada usahakita sehari-hari..(saya jamin anda akan dapat memahaminya setelah selesai membaca artikel ini).
            BLUE OCEAN STRATEGY adalah strategi memenangkan kompetisi bisnis dengan menawarkan suatu produk dengan fitur yang berbeda dan terkadang juga sangat nyeleneh(kata orang jawa)di arena usaha yang sama..dimana terkadang competitor-kompetitor lainnya mengabaikannya..konten boleh sama tapi “venue”harus beda.
            Contohnya adalah motor matic produk Yamaha yang diberi nama Mio!
            Anda tentu masih ingat ketika awal-awalnya motor matik mulai membumi di Indonesia?(saya tidak berbicara saat ini ketika Honda,Suzuki mulai terjun juga dengan motor matiknya).
            Kymco mencoba mengawalinya dengan modal pas-pas an dan tehnik marketing yang entah diambil dari planet mana..hingga orang menjadi skeptis dan memandang sebelah mata terhadap motor matik,hingga penjualannya terjun bebas dikuartal pertama.
Yamaha corp di jepang sana justru belajar dari babak bonyoknya kymco,mereka merumuskan formula baru untuk motor matiknya dengan mengirimkan tim top marketing untuk menggebrak pasar melalui intitusi marketing Yamaha di italia.LALU APA HASILNYA??
            Mio melonjak dratis dalam penjualannya hingga 2 tahun lebih merajai pasar matik..(hal yang membuat analisa-analisa marketing saat itu jadi berubah 360’..soalnya bagaimana mungkin motor yang memang kental dengan suasana feminim bisa jadi booming dikalangan anak gaul!tidak pandang wanita,cowok-cowok bahkan bapak-bapak!).yamaha menggoyang Honda dengan mio nya yang revolusioner dan feminim abis..aduh manaaa taahaaan…( tapi saat ini saya melihat pertarungan di motor matik mulai menjadi RED OCEAN karena persaingannya mulai berdarah-darah dengan gencarnya Honda menggenjot Beat atau Varionya..).
            Itu baru satu contoh..mau contoh yang lain?
Ericson versus nokia di akhir tahun 1999 adalah contoh popular bagaimana ericson yang saat itu berada di tahta singgasana dunia seluler hancur lebur oleh Nokia bukan karena kalah dalam bidang tehnology tapi Cuma karena tim marketing nokia dengan jeli mengalihkan medan tempur dari tehnologi(karena jelas erikson atau bahkan Motorola jauh di atas Nokia dalam hal itu)menjadi “human tehnology”…Nokia tidak membuat handphone yang canggih-canggih dengan Bluetooth atau infrared..tapi Nokia membuat handphone yang simple,yang kakek2 atau nenek2 sekalipun bisa memakai handphone Nokia.(just info aja ya slogan nokia yang terkenal”connecting people”itu dirumuskan hanya dengan biaya 5 ribu dolar AS menluluhlantakan proyek ericson yang menghabiskan dana berjuta-juta dolar!!).dan anda tentu masih ingat betapa simpelnya nokia type 3310 atau 8210..
            Alih-alih babak belur dalam hal kecanggihan handphone,Nokia menggarap hal yang dilupakan oleh para pesaingnya yang lain yaitu handphone yang gampang dipakai oleh masyarakat..lalu Nokia pun melenggang ke samudra biru yang luas dengan keuntungan yang fantastis..hingga kini.
            Itu 2 contoh penerapan BLUE OCEAN STRATEGY yang sukses di pasaran..mau contoh kisah sukses BLUE OCEAN STRATEGY  yang lain??mungkin ada rekan-rekan yang mau membagi ceritanya?tolong post comment aja..akan sangat membantu sharing bersama..atau berbagi link,,silahkan saja..thx.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards